Partai Harus Berhati-Hati Saat Usung Cagub Pada Pilgub DKI 2017

Terkait PDIP yang akan mendukung Basuki Thahaja Purnama (Ahok) pada Pilgub DKI 2017 mendatang,diharapkan agar partai yang didukung Megawati Soekarnoputri ini harus lebih teliti. Hal ini diungkapkan oleh pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Teliti bahwa masyarakat harus jeli dalam menjaring aspirasi masyarakat Jakarta, terutama konsituen PDIP.

Airlangga mengungkapkan bahwa tugas utama PDIP adalah membela rakyat kecil dan kebanyakan pemilih PDIP di Jakarta adalah warga miskin. Di Jakarta, warga miskin pemilih PDIP ini menjadi korban penggusuran Ahok demi membangun proyek-proyek
dari pengembang, salah satunya proyek reklamasi. Selain itu, rekam jejak petahana yang tidak pernah loyal kepada partai pengusungnya harus menjadi pertimbangan PDIP.

Ahok dianggap selalu meninggalkan partai yang mengusung dirinya jika keinginannya sudah terpenuhi. Saat 2011 dia meninggalkan Golkar demi menerima tawaran Gerindra menjadi cawagub Jokowi saat Pilgub DKI 2012 lalu. Setelah itu dia keluar dari Gerindra. Jadi, tidak ada jaminan bahwa Ahok akan setia pada PDIP.

Airlangga menyarankan agar PDIP tidak terlalu tergiur pada transaksi jangka pendek yang mungkin ditawarkan oleh petahana. PDIP harus melihat efek jangka panjangnya ketika
mendukung mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Airlangga menambahkan, munculnya aspirasi warga Jakarta untuk mencalonkan Risma melawan petahana menjadi bukti bahwa ada yang salah dari diri petahana. Hal ini menunjukkan banyak warga yang tidak menyukai petahana. Jangan sampai PDIP mendapat label sebagai partai yang tidak berjuang bersama rakyat hanya karena mendukung petahana karena akan berpotensi membawa dampak buruk untuk PDIP, terutama pada Pemilu 2019 mendatang.

sumber: Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s